Selasa, 11 Desember 2012

IMPULS DAN MOMENTUM

Gambar 1. Impuls dan momentum dalam kehidupan sehari-hari

                                     
Pernahkah Anda melihat seorang pemain bola yang menendang bola  sehingga bola tersebut terpental jauh sampai beberapa ratus meter? Ataukah melihat pemain baseball yang memukul bola dengan menggunakan tongkat sehingga bola terpental. Jika kita perhatikan bola yang awalnya dalam keadaan diam, akan bergerak dengan kecepatan tertentu, bukan? Mengapa demikian? Peristiwa apa yang dialami bola tersebut? Tahukah Anda prinsip dasar yang menjelaskan peristiwa ini? Peristiwa saat Anda menendang dan memukul benda, atau peristiwa tabrakan antara dua benda dapat dijelaskan dengan konsep Fisika, yaitu impuls dan momentum. Bagaimanakah konsep Fisika yang bekerja pada sebuah tabrakan mobil? Dalam hal apa sajakah konsep impuls dan momentum ini diterapkan?
Coba kalian perhatikan video berikut ini!

Apa yang kalian lihat pada video di atas? Mobil manakah yang mengalami kerusakan paling parah? Sebab fisis apa yang menyebabkan kerusakan pada kedua mobil berbeda?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, dalam bab ini akan dibahas materi impuls, momentum, Hukum Kekekalan Momentum, serta aplikasi keduanya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari.


                                                                                                                                                                                                                                                                                   next  

0 komentar:

Posting Komentar