Senin, 24 Juni 2013

MEDAN LISTRIK

4.      Medan Listrik
Jika suatu benda bermuatan listrik diletakan di suatu ruangan atau daerah dan benda tersebut mengalami interaksi tarik-menarik atau tolak-menolak maka ruangan atau daerah tersebut memiliki medan listrik.
Dari penjelasan di atas maka medan listrik dapat dinyatakan sebagai ruangan atau daerah jika benda bermuatan listrik diletakkan di daerah tersebut masih dipengaruhi oleh gaya Coulomb.
a.       Medan listrik bermuatan titik
Kuat medan listrik bermuatan titik didefinisikan sebagai gaya Coulomb per muatan uji. Persamaan matematisnya adalah:
Dengan subtitusi persamaan besar gaya coulomb ke persamaan di atas, maka diperoleh persamaan sebagai berikut:
Besar medan listrik di suatu titik oleh beberapa muatan listrik adalah penjumlahan vektor semua interaksi  muatan listrik tersebut seperti halnya penjumlahan vektor pada gaya Coulomb.

b.      Medan Listrik di Suatu Titik oleh Muatan q

Perhatikan gambar di bawah ini!

 
Persamaan medan listrik dari gambar di atas dapat dituliskan sebagai berikut:

c.       Medan Listrik pada Muatan Cincin

Untuk menentukan besar medan listrik di titik P, langkah awal adalah menghitung jarak antara titik Pdan cincin. Jarak ini dapat dihitung dengan rumus Phytagoras.
Langkah selanjutnya adalah memisah komponen medan magnet menjadi sumbu y dan sumbu x. Medan magnet pada arah sumbu y adalah nol karena saling menghilangkan. Perhatikan arah medan magnet berikut ini.
Dari gambar di atas telah Nampak bahwa setiap garis gaya medan magnet pada arah sumbu y mempunyai lawan sehingga nilainya nol. Berdasarkan hal ini dapat disimpulkan bahwa arah dan besar medan magnet hanya bergantung pada komponen sumbu x. Persamaan medan magnet tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

Contoh soal Medan Listrik
Dua buah bola konduktor yang masing-masng berjari-jari 5 cm diletakkan pada jarak 15 cm. Besar muatan A adalah -4 C dan besar muatan B adalah 9 C. Letak titik yang mempunyai kuat medan listrik nol adalah . . . .
Penyelesaian:
Langkah pertama:
Menggambar sistem dan gambar garis medan. Kemudian meletakkan sebuah titik C di sebelah bola konduktor A sebagai permisalan.

Langkah kedua: Menghitung kuat medan listrik di titi C

0 komentar:

Posting Komentar