Senin, 24 Juni 2013

POTENSIAL LISTRIK

5.      Potensial Listrik dan Energi Potensial Listrik
Pada kelas XI telah dipelajari usaha untuk memindahkan suatu benda dari tempatnya. Usaha yang dilakukan bergantung pada perubahan energi potensial ataupun perubahan energi potensial. Usaha tersebut berlaku pula pada muatan listrik. Jika kita ingin memindahkan sebuah muatan listrik maka kita memerlukan usaha. Usaha ini sama besarnya dengan perubahan energi potensial. Besarnya energi potensial listrik sangatlah bergantung pada jarak perpindahan dan besarnya muatan listrik tersebut. Perhatikanlah gambar di bawah ini untuk lebih memahami tentang potensial listrik dan energi potensial listrik.



Jadi persamaan energi potensial suatu muatan pada sembarang titik dapat dituliskan sebagai berikut: 


Satu besaran fisika lagi yang harus diketahui yang berkaitan dengan energi potensial listrik adalah potensial listrik. Besarnya potensial listrik adalah energi potensial listrik dibagi dengan muatan positif. Persamaan potensial listrikdapat dituliskan sebagai berikut:

Contoh soal potensial listrik:
Sebuah usaha diperlukan untuk memindahkan sebuah muatan positif sebesar 10 C yang potensialnya 10 Volt dari sebuah titik ke titik lain yang potensialnya sebesar 60 Volt. Besar usaha tersebut adalah . . .


Penyelesaian:

1 komentar:

  1. Boleh Tanya gaya Yang menyebabkan usaha kenapa gaya couolmb? Apa gaya nya diibaratkan sama dengan gaya Coulomb? Kalau sama berarti resultannya nol. Sama seperti ketika mengangkat benda melawan gravitasi. Gaya Yang diberikan tidak sama dengan gaya gravitasi kan. Mohon pencerahannya

    BalasHapus