Rabu, 05 Desember 2012

MOMENTUM

Gambar 3. Pemain bola tangan yang sedang membawa bola

      Pengertian Momentum

Bayangkan Anda sedang membawa bola football dan melihat dua pemain lawan mendekati Anda ketika Anda berlari membawa bola. Salah satu pemain yang mengejar Anda adalah quaterback 180 pon, yang lainnya adalah lineman 300 pon. Keduanya berlari mendekati Anda dengan kecepatan 5 m/s. Namun karena keduanya memiliki massa yang berbeda, intuisi Anda pasti akan mengatakan lebih baik bertabrakan dengan quaterback 180 pon dibandingkan dengan lineman 300 pon. Mengapa demikian? Ini karena massa quaterback lebih ringan dibandingkan dengan lineman, sehingga momentum yang dihasilkan lebih kecil.  
Penjelasan yang sama juga berlaku pada video tabrakan mobil di depan. Pada tabrakan mobil di depan, kedua mobil memiliki kelajuan yang sama. Akan tetapi massa pada Toyota Crown lebih kecil daripada massa Toyota Vitz, sehingga Toyota Crown mengalami kerusakan yang lebih parah dibandingkan dengan Toyota Vitz. Mengapa demikian? Ini karena  momentum Toyota Vitz lebih besar dibandingkan dengan Toyota Crown, sehingga kerusakan yang ditimbulkan lebih besar.

Gambar 4. Toyota Crown
 
Gambar 5. Toyota Vitz
Momentum suatu partikel atau benda yang dapat dimodelkan sebagai partikel dengan massa m dan bergerak dengan kecepatan v didefinisikan sebagai hasil kali massa dan kecepatan.


p = m v



Dengan: p : momentum (kg.m/s)
                m : massa (kg)
                 v : kecepatan (m/s)

Momentum merupakan besaran vektor karena merupakan hasil kali besaran skalar m dan besaran vektor v. Arahnya sama dengan kecepatan benda dan  berdimensi [ML/T]. Momentum sebuah partikel dapat dipandang sebagai ukuran kesulitan untuk mendiamkan sebuah partikel. Sebagai contoh, sebuah truk berat mempunyai momentum yang lebih besar dibandingkan mobil ringan yang bergerak dengan kelajuan yang sama. Gaya yang lebih besar dibutuhkan untuk menghentikan truk dibandingkan mobil dalam waktu tertentu. 


Gambar 6. lustrasi truk dan mobil dengan kelajuan yang sama
Konsep momentum secara kuantitatif membedakan antara partikel berat dan ringan yang bergerak dengan kecepatan yang sama. Newton menyebut hasil kali m v sebagai besaran gerak. Ini mungkin gambaran yang lebih jelas dibandingkan kata momentum yang digunakan sekarang, yang berasal dari bahasa Latin yang berarti perpindahan.

Contoh:
Sebuah mobil bermassa 500 kg bergerak dengan kecepatan 72 km/jam. Hitunglah momentum mobil tersebut...
a. 10. 000 kg m/s
b. 11. 000 kg m/s
c. 12. 000 kg m/s 
d. 13. 000 kg m/s
e. 14. 000 kg m/s
 Jawab:
 Diketahui m= 500 kg dan v= 72 km/jam, maka momentum mobil tersebut ditentukan dengan persamaan:
Jadi momentum mobil tersebut adalah 10. 000 kg m/s
Jawaban: A 

previous                                                                                                                                                next 

0 komentar:

Posting Komentar